Bagaimana Parfum Mempengaruhi Mood dan Kesejahteraan Emosional Anda

  • Bagikan
Parfum bukan hanya aksesori penampilan ia adalah kunci kepercayaan diri dan penjaga suasana hati. Banyak dari kita mungkin tidak menyadari bahwa aroma parfum memiliki kekuatan luar biasa untuk memengaruhi suasana hati kita.
Parfum bukan hanya aksesori penampilan ia adalah kunci kepercayaan diri dan penjaga suasana hati. Banyak dari kita mungkin tidak menyadari bahwa aroma parfum memiliki kekuatan luar biasa untuk memengaruhi suasana hati kita.

KLIKINFO.ID, JAKARTA – Parfum bukan hanya aksesori penampilan ia adalah kunci kepercayaan diri dan penjaga suasana hati. Banyak dari kita mungkin tidak menyadari bahwa aroma parfum memiliki kekuatan luar biasa untuk memengaruhi suasana hati kita.

“Aroma memiliki kemampuan untuk secara langsung memengaruhi suasana hati seseorang karena secara ilmiah, aroma mampu mengirimkan sinyal ke bagian otak yang mengatur emosi dan memori, yang dikenal sebagai sistem limbik,” kata Irma Gustiana A., seorang psikolog.

Menurut penelitiannya, aroma tertentu dapat memicu kenangan dan memainkan peran krusial dalam kesejahteraan emosional seseorang.

Irma menjelaskan mengapa aroma memiliki kekuatan magis untuk mempengaruhi suasana hati dan kesejahteraan psikologis seseorang.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi, Wajib Ada Di Hpmu, Puasa Ramadan Dijamin Lancar!

Ketika sistem penciuman mendeteksi aroma tertentu, ia mengirimkan sinyal ke sistem limbik yang kemudian merangsang respons emosional berdasarkan pengalaman masa lalu dan asosiasi kita dengan aroma tersebut.

“Hubungan erat antara aroma dan emosi memungkinkan parfum untuk mengubah suasana hati kita dalam berbagai cara,” katanya.

Maka dari itu, berbagai aroma dapat memiliki efek yang berbeda dalam meningkatkan mood seseorang. Sebagai contoh, lavender terkenal karena efek menenangkan dan menyejukkan yang dimilikinya.

Aromanya telah terbukti mampu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan tingkat relaksasi, menjadikannya pilihan yang ideal untuk menciptakan suasana damai, terutama sebelum tidur.

Disarankan untuk menyemprotkan lavender di sekitar tempat tidur untuk membantu tidur yang lebih nyenyak.

Baca Juga :  Ini Sajian Makanan yang Sering Kita Jumpai di Hari Raya Idulfitri

Sementara itu, aroma sitrus seperti lemon dan jeruk dikenal karena kemampuannya untuk membangkitkan semangat dan memberikan energi.

Aroma tersebut dapat membantu meningkatkan mood, kewaspadaan, dan mengurangi kelelahan, sehingga sangat cocok untuk memulai hari dengan penuh semangat atau mengatasi kelelahan di sore hari.

(klikinfo.id/SN)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *