Berbeda dari Era Digital, Budi Drive Sebut Dulu Royalti Musisi dari Jualan Kaset

  • Bagikan
Berbeda dari Era Digital, Budi Drive Sebut Dulu Royalti Musisi dari Jualan Kaset
Berbeda dari Era Digital, Budi Drive Sebut Dulu Royalti Musisi dari Jualan Kaset

KLIKINFO.ID, JAKARTA – Royalti musik terkadang rumit karena melibatkan banyak pemangku kepentingan. Apalagi pembayaran royalti akan dibagikan diantara mereka yang terlibat dalam musik tersebut. Namun, terdapat perbedaan terkait royalti pada era sekarang dan zaman dulu di era 90-an.

Budi Drive mengatakan baru mendapatkan royalti ketika berhasil menjual ratusan kaset. Lantaran pada eranya kaset memegang peran besar dalam dunia musik pada 1980-an dan 1990-an. Meskipun pada era sekarang (setelah 2000-an), kaset masih menjadi salah satu alternatif media musik.

Hal itu disampaikan Budi Drive secara eksklusif di kanal YouTube Klikinfo.id, dalam program Ngorock “Ngobrol Santai Bareng Rocker”, beberapa waktu lalu.

“Kita waktu itu ada plakatnya gitu, berapa ratus ribu kopi. Cuma ya kalau zaman dulu itu sama aja kayak ada perusahaan ngaku-ngaku. Gue untungnya segini nih, siapa yang tahu perusahaan itu untung segitu? harus audit jadi kan kita gak tahu,” kata Budi Drive.

Baca Juga :  Cinta Laura Tampilkan Aksi Maksimal di Series Dendam

Sangat jauh dengan zaman dulu, Budi Drive menyampaikan kini musisi dapat menghasilkan uang dengan mengalirkan lagu mereka di Apple Music, Spotify, dan platform online lainnya.

“Kalau zaman sekarang bisa gampang terlihat lu ke spotify for artis, lu lihat aja tuh berapa viewsnya, pendengarnya ada berapa segala macam terbuka sekarang,” ujar Budi Drive.

Gitaris band Drive ini pun menjelaskan penghasilan yang didapat pada zaman sekarang terbilang kecil. Pasalnya, ia menyebut untuk mendapatkan 4 dollar harus mencapai 1000 streams.

“Tapi pendapatannya lebih kecil kalau sekarang, satu streams itu kan 0,0004 dolar. Jadi lu nyampai ke 4 dollar aja lu harus 1000 streams,” jelas Budi Drive.

Baca Juga :  Anak Darius Sinathrya dan Donna Agnesia Ikut Seleksi Timnas U-16

“Nah zaman sekarang gak tahu itu, sebenarnya kita dulu jualan kaset dan CD itu apa gunanya gitu. Mereka tahunya kan kaset jadi merchandise sekarang. Sampai sekarang gak bisa diputar juga sama mereka. Karena mereka gak punya playernya,” tambahnya.

Selain itu, Budi Drive menyebut di era masa kini harga kaset terbilang lebih mahal dibandingkan zaman dahulu. Bagaimana tidak, kini satu kaset dijual dengan harga 50 ribu.

“Justru sekarang kaset harganya jadi mahal. Lucu sih itu satu kaset tuh bisa 50 ribu gitu. Dulu dapet 50 ribu dapet CD dapet 35 ribu malah,” pungkas Budi Drive.

Sebagai informasi, Budi merupakan musisi yang juga gitaris band Drive yang beraliran Pop Rock. Selain berprofesi sebagai musisi, pemilik nama Budi Rahardjo ini juga berprofesi sebagai guru musik.

Baca Juga :  Tantri Kotak Naik Haji Bareng Suami Tahun Ini, Ternyata Berkat Orang Tuanya


Tak hanya itu, Budi juga sempat bergabung dengan Erwin Gutawa Band sebagai gitaris, menggantikan posisi Eddie Kemput yang saat itu hengkang. Bahkan Budi sering mengiringi musik penyanyi papan atas seperti Krisdayanti, Siti Nurhaliza, 3 Diva dan lain-lain.

(Klikinfo.id/sha)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *