Denny Sumargo Penasaran soal Poligami, Ustaz Khalid Basalamah: Ada Tata Caranya

  • Bagikan
Denny Sumargo di lapangan Basket
Denny Sumargo (instagram/sumargodenny)

KLIKINFO.ID, JAKARTA – Denny Sumargo baru-baru ini membahas poligami dengan Ustaz Khalid Basalamah. Lantaran sang YouTuber satu ini penasaran soal pandangan Islam mengenai poligami.

Seperti diketahui, Poligami adalah pernikahan seorang pria dengan lebih dari satu wanita dalam waktu bersamaan. Denny Sumargo mengaku penasaran dengan agama Islam sendiri apakah poligami menjadi sebuah keharusan di lingkungan masyarakat.

Hal itu disampaikan langsung oleh Denny Sumargo dalam Podcast Curhat Bang bersama Ustaz Khalid Basalamah, di kanal YouTube miliknya.

“Nah di masyarakat banyak kalimat-kalimat bahwa berpoligami itu menjadi sebuah keharusan untuk wanita dalam Islam menerima hal itu. Pertanyaannya, apakah itu benar atau tidak, Ustaz?” tanya Denny Sumargo.

Dengan pertanyaan itu, Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan poligami menempati urutan tertinggi dalam ilmu pernikahan Islam. Ia menyebut Islam mengajarkan pernikahan dari tahap mendasar, mulai dari perkenalan, proses menikah, sampai pendidikan anak.

Baca Juga :  Inara Rusli Patah Hati Lihat Kedua Putranya Dirawat Bersamaan

“Kalau poligami itu sebenarnya bahasan tertinggi dalam bab nikah dalam Islam. Jadi dimulai dari pernikahan dulu, tata caranya. Apa sesuai dengan agama, dari proses perkenalan, sampai proses pernikahan,” terang Ustaz Khalid Basalamah.

Pasalnya, Ustaz Khalid Basalamah menyampaikan memilih untuk berpoligami bukan hanya karena ingin menuruti hawa nafsu, melainkan keputusan untuk berpoligami itu harus dibarengi dengan kematangan ilmu pernikahan.

“Kalau udah jadi suami istri, terus punya anak, hak anak-anak, pendidikan mereka, kemudian hak kerabat. Baru kemudian pindah level demi level sampai nanti masuk ke pembahasan poligami,” tandas Ustaz Khalid Basalamah.

“Oh jadi harus melewati (tahap) itu dulu? Kalau itunya belum bagus gimana?” tanya lagu Densu.

Baca Juga :  Ade Paloh Meninggal Dunia, Joko Anwar: Beristirahatlah Musisi Brilian

Ustaz Khalid Basalamah menyebut sudah seharusnya melewati tahapan-tahapan tersebut sebelum memilih berpoligami. Ia juga mengibaratkan seseorang yang ingin membuka cabang perusahaan baru, maka perusahaan sebelumnya harus sehat dulu.

“Ya harusnya, ibaratnya orang kalau mau buka cabang perusahaan kan harus sehat dulu perusahaan yang pertama,” tegas Ustaz Khalid.

“Kalau menerima secara hukum dari Allah, iya. Sebagaimana menerima perintah salat, puasa, perintah nikah dan juga poligami harus diterima dalam sebuah hukum. Tapi apakah harus dipraktekkan, jawabannya itu tidak,” tambahnya.

Tak hanya itu, Ustaz Khalid Basalamah menuturkan karena ada pendapat ulama yang mengatakan wajib ada juga yang mengatakan sunnah. Ia mengungkapkan sunnah itu berarti pilihan yang artinya boleh dikerjakan boleh tidak.

Baca Juga :  Jennifer Coppen Tanggapi Komentar Negatif Tentang Kemiripan Wajah Anaknya

“Dan sudah menjadi rahasia umumlah, kalau kita ambil sampel orang Islam atau non muslim dari 100 orang laki-laki. Kalau poligami ya paling 5-10 orang,”

“Tapi kasus itukan ada. Makanya Islam datang meletakkan sebuah hukum berhubungan dengan masalah itu (poligami),” imbuhnya.

Sempat penasaran soal poligami, akhirnya Denny Sumargo tampak tercerahkan setelah mendengarkan penjelasan dari Ustaz Khalid Basalamah.

Bahkan sebelum mendapat penjelasan tersebut. Pria yang akrab disapa Densu itu mengira poligami bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan mendapatkan persetujuan dari istri pertama.

“Oh supaya ada aturannya, saya mengerti, saya mengerti,” pungkas Densu.

(Klikinfo.id/sha)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *