Eet Sjahranie Ungkap Alasan Belajar Sound Engineering di Luar Negeri

  • Bagikan
Eet Sjahranie Ungkap Alasan Belajar Sound Engineering di Luar Negeri
Eet Sjahranie Ungkap Alasan Belajar Sound Engineering di Luar Negeri. (Foto: Tribunnews.com)

KLIKINFO.ID, JAKARTA – Tak hanya belajar memetik gitar hingga dijuluki jawara gitar di Tanah Air. Ternyata Gitaris Edane, Eet Sjahranie pernah mengambil Workshop Recording Sound Engineering di Chillicothe, Ohio pada tahun 1984.

Eet Sjahranie pun menjelaskan alasan memilih mempelajari sound engineering di negeri Paman Sam itu. Pasalnya, ia menyebut ingin mengambil sesuatu yang bermanfaat untuk dirinya pakai suatu saat nanti.

Hal itu terungkap secara eksklusif dalam podcast Ngobrol Santai Bareng Rocker, di Channel Klikinfo.id beberapa waktu lalu.

“Sebetulnya gak sengaja juga. Karena pas gue kesana itu gue udah bisa main gitar bukannya tidak mau belajar, tapi memang gue pikir mending ngambil sesuatu yang kira-kira bisa gue pakai di sini nanti gitu,” kata Eet.

Baca Juga :  Ahmad Sebastio Sebut Musisi Perlu Bantuan Pemerintah

Bahkan Eet awalnya mengaku ingin mempelajari non musikal. Namun sayangnya, ia mengatakan tak mampu menyerap ilmunya sehingga dirinya mengambil bidang yang masih berkaitan dengan musik.

“Terus terang gue mau belajar yang non musikal malah semuanya, tapi otak gak nyangkut akhirnya gue pikir ambil yang berkaitan sama musik aja deh. Gue coba kursus aja sound engineering,” ujar Eet Sjahranie.

Meski mengambil Sound Engineering, Eet Sjahranie menuturkan dirinya tak berniat ingin menjadi Sound Engineer. Lantaran menurutnya, untuk menjadi sound engineer butuh sekolah yang lebih jauh lagi.

“Tapi waktu itu gue tidak bertujuan menjadi sound engineer. Karena untuk menjadi sound engineer itu masih sekolah lebih jauh lagi. Jadi, gue ngambilnya tuh yang praktis yang memang langsung praktek gitu, ya,” terang Eet Sjahranie.

Baca Juga :  Cerita Lucu saat Personel Band Roxx Manggung Pakai Baju Emak

“Dan tujuan gue itu adalah untuk mengetahui slup beluk dunia rekaman apa aja dan apa aja What’s going on apa aja,” tambahnya.

Gitaris legendaris ini juga menegaskan memilih mempelajari sound engineering sebagai bekal untuk dirinya ketika ingin rekaman ataupun bermain musik.

“Pokoknya intinya yang gue pengen tahu karena dasarnya gue mikirnya satu saat nanti kalau gue main musik, kalau gue rekaman gue udah tahu what’s going on itu, itu aja sih simpelnya,” tandas Eet Sjahranie.

Di sisi lain, Eet Sjahranie mengungkapkan sebagai sound engineer profesional itu sangat melelahkan. Hanya saja, jika dirinya mempelajari ilmu tersebut bisa menyampaikan lagu ke audiens bisa lebih baik.

Baca Juga :  Gan Gan Sahara Mengenang Besaran Honor Berkarier dalam Industri Musik

“Ngapain gue jadi sound engineer, capek, capek banget. Cuma kalau pada saat misalnya menyampaikan ke orang kalau lu tahu kan lebih enak, lebih nyambung gitu,” pungkasnya.

(Klikinfo.id/sha)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *