Jokowi Gelar Ritual Kendi Nusantara Sebagai Simbol Harapan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar acara Ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang didampingi oleh Ibu negara Iriana serta mengundang 34 Gubernur se-Indonesia dan 15 tokoh, pada Senin (14/3/2022).

Menurut Budayawan Irfan Afifi, keputusan Jokowi menggelar ritual Kendi Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) punya filosofi yang cukup mendalam.

“Air itu sumber hidup. Jika dikucurkan air atas proses tertentu, ia bermakna doa dan harapan akan hal atau sesuatu yang hidup, Agar IKN menjadi kota yang hidup dan menghidupi. Hidup sejahtera lahir-batin,” ujar Irfan.

Dalam rangkaian ritual tersebut, Jokowi menginstruksikan para gubernur untuk membawa 1 liter air dan 2 kilogram (kg) tanah dari daerah masing-masing untuk disatukan dalam kendi besar yang disebut bejana nusantara.

Bejana nusantara ini diletakkan dekat titik nol IKN Nusantara yang menjadi simbol titik awal pembangunan.

Penyatuan tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur itu dilakukan dalam prosesi yang disebut ritual Kendi Nusantara.

“Kendi itu kan yang bikin seolah-olah airnya masih berada di alam. Seolah-olah airnya masih alami. Alami ini kemudian dialirkan,” ujar Irfan.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menjelaskan, ritual Kendi Nusantara merupakan prosesi penyatuan tanah dan air yang dibawa oleh para gubernur dari daerahnya masing-masing.

Masing-masing tanah dan air disatukan ke dalam kendi besar yang terbuat dari tembaga. Kendi besar ini disebut bejana nusantara.

Prosesi penyatuan air dan tanah ke dalam bejana nusantara menjadi simbol penyatuan 34 provinsi di Indonesia menjadi satu Tanah Air.

“Kita adalah Nusantara yang dari ujung Aceh sampai Papua dan kearifan lokal yang berbeda-beda dituangkan di dalam simbolis tanah dan air. Dijadikan satu menjadi satu menjadi kalimat tanah air,” ujarnya, dalam keterangan pers secara virtual, Minggu (13/3/2022). (sha)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *