Kaesang Pangarep Belum Putuskan Maju di Pilgub Jakarta atau Jateng

  • Bagikan
Kaesang Pangarep
Kaesang Pangarep (Foto: ANTARA)

KLIKINFO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, masih belum memutuskan untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, meskipun elektabilitasnya tinggi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah. Kaesang meminta masyarakat untuk bersabar menunggu langkah politiknya pada Pilkada mendatang.

Pernyataan tersebut menjawab pertanyaan terkait peluangnya maju dalam Pilgub Jateng 2024, mengingat beberapa survei menunjukkan elektabilitasnya paling tinggi dibandingkan kandidat lainnya.

“Mengenai saya tadi, Jakarta ataupun Jawa Tengah, sabar,” ujar Kaesang di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2024).

Wakil Ketua Umum PSI, Andy Budiman, menjelaskan bahwa pimpinan partai masih mempertimbangkan berbagai faktor sebelum memutuskan maju di Pilkada 2024. Andy menyebut bahwa Kaesang masih menganalisis kondisi politik yang ada.

Baca Juga :  Felicia Tissue Dituding Dugem Sambil Mabuk: Receh, Hoaks

“Tentu saja kami akan melihat situasi politik, kepentingan publik, serta apakah langkah tersebut penting bagi masyarakat dan strategis untuk pembangunan. Faktor-faktor ini akan menjadi pertimbangan utama,” ujar Andy.

Andy juga menambahkan bahwa hasil survei juga menjadi salah satu bahan pertimbangan. “Tentu, hasil survei pasti akan dipertimbangkan,” katanya.

Untuk diketahui, elektabilitas Kaesang Pangarep menduduki peringkat pertama dalam Pilgub Jateng 2024 berdasarkan survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia.

Dari hasil simulasi, elektabilitas Kaesang sedikit lebih tinggi dibandingkan kandidat lain seperti Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Dalam simulasi 20 nama terbuka, Kaesang meraih 17,7% elektabilitas, sementara Luthfi memperoleh 15,6%.

“Dalam simulasi ini, Kaesang berada di peringkat pertama, tetapi dengan selisih margin of error dengan Ahmad Luthfi, Kapolda Jawa Tengah. Jadi, kita belum tahu pasti siapa yang lebih unggul, Kaesang atau Luthfi,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, saat memaparkan hasil survei secara daring, Minggu (7/7/2024).

Baca Juga :  Cuaca Ekstrem Mengancam Sejumlah Wilayah Indonesia

Sementara itu, di posisi ketiga ada Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) yang meraih 12,8%, diikuti Bambang Wuryanto 6%, Dico Ganundito 5,6%, Raffi Ahmad 4,4%, Achmad Husein 3,4%, M Yusuf Chudlori 3,3%, Sudaryono 3,2%, Hendrar Prihadi 2,2%, dan Joko Sutopo 2,1%.

Nama-nama lainnya seperti Sudirman Said, Casthya Arriwi Kathmandu, Ida Fauziyah, Panggah Susanto, Abdul Wachid, Juliyatmono, Wihaji, Nana Sudjana, dan Rinto Subekti meraih elektabilitas di bawah 2%.

(Klikinfo.id/SN)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *