Memaknai Ukhuwah dan Khitthah Dalam Bermasyarakat

  • Bagikan

Ditulis oleh: Arie Prabowo

KLIKINFO.ID, JAKARTA – Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan bermasyarakat, manusia tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan interaksi antar sesama. Melalui interaksi sosial ini, manusia dapat saling berbagi pengetahuan, pengalaman, serta membangun hubungan yang harmonis antara satu dengan yang lainnya.

Hal yang paling penting mengapa manusia sangat penting sebagai makhluk sosial adalah karena manusia memiliki kebutuhan akan rasa saling mengerti dan diterima oleh orang lain. Kehidupan manusia tidak akan lengkap tanpa adanya interaksi sosial yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi, berbagi, dan memperoleh dukungan emosional dari sesama.

Ketika manusia dapat saling mengerti dan menerima perbedaan satu sama lain, mereka akan merasa lebih nyaman dan terhubung dengan lingkungan sekitarnya. Dalam sebuah kelompok masyarakat, adanya interaksi sosial yang positif akan membantu memperkuat ikatan antarindividu, sehingga tercipta rasa persatuan dan kebersamaan yang kuat tanpa adanya perbedaan entitas budaya dan agama.

Baca Juga :  Mengungkap 7 Benda Sakral dalam Budaya Jawa

Selain itu, manusia sebagai makhluk sosial juga memiliki kebutuhan akan belajar dan berkembang. Melalui interaksi sosial, manusia dapat memperoleh pengetahuan baru, mengasah keterampilan, dan memperluas wawasan mereka. Dalam sebuah kelompok atau komunitas, setiap individu memiliki keahlian dan pengalaman yang berbeda-beda.

Dengan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, manusia dapat saling belajar satu sama lain, sehingga terjadi pertukaran informasi yang berharga. Interaksi sosial juga memberikan kesempatan bagi manusia untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, negosiasi, dan kerjasama yang penting dalam kehidupan sehari-hari

Manusia sebagai makhluk sosial juga memiliki kebutuhan akan dukungan sosial. Dalam berbagai situasi kehidupan, manusia seringkali menghadapi tantangan dan kesulitan. Dalam kondisi tersebut, adanya dukungan sosial dari orang lain dapat memberikan kekuatan dan motivasi untuk menghadapinya. Dukungan sosial dapat berupa dukungan emosional, dukungan instrumental, atau dukungan informasional.

Baca Juga :  Fakta Unik yang Menakjubkan dari Berbagai Belahan Bumi

Dukungan emosional memberikan rasa nyaman dan kepercayaan diri kepada individu, sementara dukungan instrumental memberikan bantuan fisik atau materi dalam menyelesaikan masalah. Dukungan informasional memberikan informasi dan saran yang berguna dalam menghadapi situasi tertentu. Dengan adanya dukungan sosial, manusia dapat merasa lebih kuat dan mampu mengatasi berbagai tantangan dalam kehidupan.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *