Mengkonsumsi Cokelat Bisa untuk Atasi Asam Lambung?

  • Bagikan
Cokelat Hitam
Cokelat Hitam

KLIKINFO.ID, JAKARTA – Sebagian besar dari kita mungkin pernah mengalami ketidaknyamanan yang disebabkan oleh asam lambung. Gejalanya, seperti rasa terbakar di dada (heartburn) dan rasa tidak nyaman di bagian belakang tenggorokan, bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Di antara berbagai cara yang mungkin dilakukan untuk mengatasi gejala tersebut, salah satunya adalah melalui konsumsi cokelat. Namun, apakah cokelat benar-benar bisa meredakan asam lambung?

Sebuah studi kecil yang dilakukan oleh para peneliti di University of Michigan menunjukkan bahwa cokelat hitam mungkin memiliki efek positif terhadap gejala asam lambung.

Studi tersebut melibatkan sekelompok kecil orang yang memiliki gejala asam lambung, yang diberi cokelat hitam dan diikuti dengan pemeriksaan endoskopi.

Baca Juga :  Tanda-tanda Seseorang Menyukaimu: Memahami Bahasa Tubuh dan Perilaku

Hasilnya menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat mengurangi relaksasi otot sfingter esofagus bawah, yang bertanggung jawab atas mengontrol aliran makanan dari kerongkongan ke lambung.

Dengan demikian, konsumsi cokelat hitam secara teratur dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya refluks asam lambung.

Namun demikian, penting untuk diingat bahwa hasil studi ini masih dalam tahap awal dan memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi temuan ini.

Selain itu, tidak semua jenis cokelat mungkin memiliki efek yang sama. Cokelat hitam yang mengandung tingkat kakao yang tinggi lebih cenderung memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan cokelat susu atau putih yang mengandung lebih banyak gula dan lemak.

Meskipun demikian, bagi sebagian orang, konsumsi cokelat justru dapat memperburuk gejala asam lambung. Ini disebabkan oleh kandungan lemak dan kafein dalam cokelat, yang dapat merangsang produksi asam lambung dan membuat gejala menjadi lebih parah.

Baca Juga :  Menikah di Usia 25 atau Menunggu Mapan? Begini Untung-ruginya!

Oleh karena itu, sementara beberapa orang mungkin merasa cokelat membantu meredakan gejala asam lambung, yang lain mungkin mengalami efek sebaliknya.

Dalam mengatasi asam lambung, penting untuk memperhatikan pola makan secara keseluruhan serta memperhatikan makanan dan minuman tertentu yang dapat memicu gejala.

Banyak ahli merekomendasikan menghindari makanan pedas, berlemak, dan bersoda, serta makan dalam porsi kecil dan menghindari makan segera sebelum tidur.

Dalam hal ini, sementara cokelat hitam mungkin memiliki potensi untuk membantu mengatasi gejala asam lambung, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan individual Anda.

(Klikinfo.id/SN)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *