Piala Afrika: Duel Final Penuh Rekor dari Pantai Gading dan Nigeria

  • Bagikan
Timnas Pantai Gading
Timnas Pantai Gading

Klikinfo.id, Jakarta – Dua negara besar di dunia sepak bola Afrika, akhirnya bersua di final Piala Afrika, yang mempertemukan antara Nigeria dengan Pantai Gading.

Duel Nigeria vs Pantai Gading jadi laga puncak Piala Afrika 2024. Keduanya sukses merebut tiket final pada Kamis (8/2/2024) dini hari WIB.

Nigeria jadi tim pertama yang lolos ke babak final Piala Afrika setelah sukses mengalahkan Afrika Selatan lewat adu penalti. Dimana adu penalti terjadi setelah skor remis 1-1.

Nigeria memimpin duluan lewat gol penalti William Troost Ekong di menit ke-67. Tapi Afrika Selatan berhasil menyamakan kedudukan juga lewat penalti dari Teboho Mokoena.

Pada adu penalti, Mokoena jadi salah satu algojo yang gagal menyelesaikan tugasnya dengan baik. Begitu pula dengan Evidence Makgopa.

Baca Juga :  Istri Ungkap Kondisi Terkini Pesepak Bola Pratama Arhan Alif Rifai

Dari Nigeria, hanya Ola Aina yang tak bisa membuat gol. Dan pada akhirnya, penalti dari Kelechi Iheanacho memastikan Nigeria menuju final lewat kemenangan 4-2 di drama adu penalti.

Nigeria berpeluang membuat rekor tersendiri jika juara Piala Afrika. Karena itu berarti Nigeria mencatat empat kali juara. Sebelumnya Nigeria jadi juara di edisi 1980, 1994, dan 2013.

Sementara Pantai Gading maju ke final setelah mengalahkan tim kuda hitam, Kongo dengan skor tipis 1-0 lewat gol Sebastian Haller.

Sedangkan keberhasilan Pantai Gading lolos ke babak final bakal membuat peluang mereka jadi juara untuk ketiga kalinya.Karena mereka pernah jadi juara di tahun 1992 dan 2015.

Baca Juga :  Piala Asia: Pantas Kalau Akram Afif jadi Pemain Terbaik! Perjuangan Seorang Petarung

Pantai Gading juga punya kans besar mengingat saat ini mereka berstatus sebagai tuan rumah Piala Afrika.

(Klikinfo.id/rvn)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *